Menetapkan Strategi Pemasaran Perlu Memperhatikan Data Perubahan Perilaku Konsumen Menjelang Ramadhan

Dengan berakhirnya PPKM yang membatasi aktivitas masyarakat, Telkomsel melihat adanya perubahan signifikan pada perilaku konsumen, terutama menjelang Ramadhan.

Dengan melacak perubahan ini lebih lanjut, Anda dapat membuat dampak besar dengan membuat kampanye pemasaran dan periklanan yang tepat.

Menurut touchnottingham.com data survei, jumlah orang yang kembali ke kampung halaman diperkirakan meningkat lebih dari 1,4 kali lipat. Peningkatan ini juga terkait dengan perilaku belanja konsumen di bulan Ramadhan.

Data menunjukkan bahwa 32% orang mengakui bahwa penawaran dari mal atau pusat perbelanjaan lain mempengaruhi mereka untuk berbelanja lebih banyak selama Ramadhan.

Bahkan, 20% masyarakat sudah menyiapkan dana dan tabungan untuk Ramadhan. Tidak hanya itu, beberapa dari mereka mencari pekerjaan tambahan untuk mendapatkan penghasilan lebih.

Alvian Manolang, Vice President Data Solutions PT, mengatakan, “Berdasarkan fakta tersebut, perusahaan dapat memperoleh wawasan untuk mengembangkan produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Telekomunikasi Selular (TELKOMSEL) di MMA Indonesia Ramadan Insights 2023, Kamis (3/9/2023).

Menurut Alvian, karena setiap generasi memiliki kepribadian dan kepribadian yang berbeda, strategi pemasar untuk kampanye iklan produk juga perlu disesuaikan.

Sebagai langkah awal, perusahaan perlu mengidentifikasi perubahan konsumen agar mengetahui target pasarnya. Ini adalah hal yang paling penting.

Dalam hal penggunaan teknologi yang efektif, merek atau pemasar dapat menggunakannya untuk melakukan penelitian atau survei untuk mendapatkan berbagai data penting tentang pelanggan mereka.

Data sangat penting untuk menyesuaikan dan mengakomodasi rencana kampanye pemasaran.

Pemasar tidak hanya perlu menemukan dan memantau aktivitas mereka, tetapi juga perlu berkomunikasi secara lancar dengan pelanggan mereka. Salah satunya adalah penggunaan teknologi.

Di era digital ini, kebanyakan orang menggunakan berbagai media sosial untuk kebutuhan sehari-hari. Sehingga Anda dapat membangun loyalitas merek dengan berinteraksi secara digital dengan pelanggan Anda melalui konten berkualitas tinggi.

Doddy Siregar, General Manager, Carat Indonesia, Park Hyatt Jakarta, Kamis (3 September 2023), mengatakan, “Sangat penting untuk memahami kebiasaan pelanggan kami dan menemukan cara untuk menarik perhatian mereka sehingga bisnis dapat terlibat dengan mereka.” .

Dengan memahami data yang dikumpulkan, merek dan pemasar dapat mempersonalisasikannya sambil membangun keterlibatan pelanggan. Ini akan membantu meningkatkan dampak yang lebih luas dari kampanye pemasaran Anda.

Sekedar informasi, pada acara yang diselenggarakan oleh MMA Global Indonesia ini, para asisten dari berbagai perusahaan berbagi wawasan tentang periklanan dan pemasaran strategis untuk meningkatkan peluang selama Ramadhan.

Personalisasi konten juga harus berkembang sejalan dengan tren dan perubahan konsumen. Selain itu, pendekatan pelanggan memicu pertumbuhan merek.

Di sisi teknologi, merek dapat menggabungkannya untuk memahami fokus kampanye mereka: perilaku konsumen.

MMA Indonesia Ramadan Insights 2023 juga memberikan pemahaman tentang merancang strategi komunikasi yang efektif dengan audiens Anda selama bulan Ramadhan.


Posted

in

by

Tags: